Cerita Dalam Kukertakuu J DiDusun Baru, DiPosko 10 Tabir,Merangin (Celotehan Ayuk FENI)

IMG_2257

Assalamualaikum wr.wb..

            Teman-temanku, menjadi bagian diposko 10 adalah hal yang tak akan pernah aku sesali, berawal dari orang-orang yang tidak saling mengenal dan ternyata harus hidup bersama selama 2 bulan di sebuah dusun yang tak tahu ntah dimana……………….

Seminggu sebelum keberangkatan kukerta kami disibukkan dengan diklat, bimbingan, dan rapat-rapat posko. Beberapa hari itu aku gunakan untuk lebih mengenal teman-teman yang kebetulan beruntung bisa seposko denganku :D.

Tepat hari rabu,13 februari 2013 kami berangkat menuju lokasi kukerta di dusun baru kecamatan tabir-merangin. Rasa penasaran yang begitu besar mengalahkan ketidaknyamanan kami selama diperjalanan. Kira-kira setelah 7 jam perjalanan kami pun sampai di lokasi. Sekilas melihat rumah yang akan menjadi posko kami ntah mengapa aku merasa senang, rumah panggung yang lumayan besar dan berada ditengah-tengah pemukiman warga terlihat nyaman. Warga-warga sekitar sudah ramai menanti kedatangan kami, mungkin itu yang membuat kami merasa senang padahal perjalanan lumayan membuat badan krammmm. Rumah ini adalah milik Pak Rahman, karena pak Rahman sudah tinggal dirumah yang  baru jadi rumah lamanya bisa ditempati untuk posko kukerta.

10 hari pertama kami gunakan untuk observasi dan survey keadaan dusun, mengenal budaya dan kebiasaan warga dengan cara bersilaturahmi dan berkumpul bersama warga. Juga sekaligus kami gunakan untuk mengenal kepribadian satu sama lain antara anggota posko. Teman-teman yang kelihatan biasa saja sewaktu bimbingan dikampus, ternyata menyimpan banyak sifat yang lucu,baik,heboh,aneh, dan yang tidak pernah di duga awalnya.

Hari dan minggu-minggu pun berlalu, hidup bersama di satu rumah menjalani kukerta kami mulai terbiasa hidup dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, kami memiliki jadwal kegiatan harian posko yang harus ditaati, dan beberapa aturan yang sudah kami  sepakati. Hal yang paling terasa berbeda adalah seperti saat makan (makannya dijatahin,huhuu) kami makan ber-17..ramee seperti orang yang lagi arisan :D, begitu juga kalau mandi,mandi disumur atau disungai kami tetap mandi bersama-sama tidak lupa pake basahan,hehee (bukan berarti cewek sama cowok juga sama-sama loo).. disaat masuk waktu maghrib kami bersiap-siap untuk sholat berjamaah, dilanjutkan dengan makan malam. Anak-anak dan mak-mak sekitar posko pun mulai berdatangan, banyak yang kami lakukan saat malam diposko tercinta, mulai dari mengajarkan anak-anak kecil yang sudah kami anggap adik sendiri ( Laila,fatma,hamida,saliha,& Diana) mengerjakan PR,nonton bersama,sampai berkumpul bersama mak-mak yang tidak pernah bosan bercerita.

Anggota posko kami ada 17 orang, 11 orang perempuan manisdan hanya 6 orang laki-laki cakep. Masing-masing dari kami memiliki sifat, sikap, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Dibawah ini ada sedikit gambaran tentang teman-teman posko, mari kita dalami karakter masing-masing,cekidottt……. (mulai dari abjad aja biar adil -___-)

  1. Antonius Simarmata ( Abang, tjoni )

Cowok yang awalnya aku nggak sadar kalo dia termasuk batakinisasi ini punya perhatian yang super, gak suka kotor, dan pintar ngelucu. Tempat sabunnya yang unyu-unyu gambar Winnie the pooh  itu sempat bikin cewek-cewek heboh + gelii, tapi dia tetap lelaki cool yang bisa aku andalkan. Selalu marah kalo dipanggil kakak sama adek-adek sekitar posko, maunya dipanggil abang/abong, tapi ujung-ujungnya malah dapat panggilan baru “papa” dari mak-mak. Kedekatannya sama mak sebelah rumah ( mak ma cong) membuat anak-anak posko mengira tony udah diangkat jadi anak sama keluar pak suhai.. satu lagi kelakuan aneh dari cowok stay cool ini, dia bakal jauh-jauh kalo cewek-cewek lagi ngelipat baju yang abis dijemur, hahahaa sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail ya teman-teman, biar yang baca jadi kepoooooo (gaya bicaranya tony)…

  1. Daud Fuller Sibagariang ( pak pres )

Ketua posko yang ngerasa kece dan suka bajak (hacker) handphone ini mirip sama papa aku, kehadirannya diposko sebagai ketua juga sekaligus sebagai penghibur. Karena suaranya lumayan bagus jadi anggota posko ikhlas sepenuh hati kalo pak pres lagi bersenandung, kadang malah bikin anggota yang lain ikut nyanyi. Sampe anak-anak sekitar posko juga udah diajarin nyanyi. Ada 1 hal yang bikin anggota posko malas ngeliatin daud, kalo dia lagi pake kaos merah V-neck kesayangannya ituuuu..huwahhh nyebelinn.. tapi walopun gitu dia tetap bisa jagain anggota posko dari kendala-kendala yang ada, dan cukup bertanggung jawab. Daud jg ciptain 1 lagu untuk posko,nihh dia >> diposko sepuluuuuhhhh,didusun baruuuuuuuuu…..baru ini aja sih lirik yang jelas keberadaannya,hahahaa

  1. Dody Eka Prasetiyanto (dodod)

Wakil ketua dengan segudang ide ini susah bangun pagi, padahal alarm ayamnya udah teriak-teriak sampe orang-orang diposko jadi bangun tapi dianya masih merem didalam sleeping bag. Teman-teman posko sering kehilangan keberadaan dody kalo udah maghrib sampe malam hari, soalny diposko sering mati lampu, dodyny gak keliatan..hahahaa pisss.. tapi dody adalah tipikal cowok jujur dan berani, contohnya dia mengakui kalo dia emang pemalas,dan dia juga udah jujur sama salah 1 anggota posko tapi si cewek kaya pura-pura nggak sadar sama omongan dody.. GWS dod (Lohh :O)

  1. Isnaini Safira ( cece, sapii )

Ini wanita yang ntah bagaimana bisa menjadi mahasiswi fisika padahal otaknya ada dibalik angka-angka kalkulator makanya dipanggil cece. Semua barang yang kita tanyain dia bakal tau lebih spesifik, tapi selagi itu masih masuk kategori barang dagangan. Cece adalah orang yang paling nyambung kalo aku udah mulai mengeluarkan bahasa-bahasa aneh karena kita berasal dari garis keturunan yang hampir sama, yaa sama-sama orang mudikkk :D… cece memiliki kuku yang sedikit karena setiap ada kesempatan dia bakal gigitin ampe tipis, sampe-sampe hidungnya pun ikut menyeimbangkan diri (jadi tipis juga).. walaupun hobinya ngabisin makanan cece adalah orang yang rajin ngerjain pernak-pernik posko,laporan,jadwal,pokokny sejenis itulah. Dan sebagai sekretaris sub unit 2 aku beruntung karena dia termasuk di anggota aku,xixixi

  1. Jenti siburian ( Jembrina, jentot )

Makhluk hemafrodit, wanita termacho seposko ini wanita tersantai yang pernah ada. Gak pernah milih-milih motif sarung, yang bunga boleh yang kotak-kotak juga boleh, itu menandakan dia orang yang bersahaja. Kalo diingat-ingat aku cuma sekali mandi disungai sama dia, soalny dia suka mandi maghrib-maghrib disumur bersama hantu-hantu yang baru keluar dari sangkarnya. Sebagai calon pengacara jenti pintar memainkan kata-kata sehingga hampir semua makhluk posko pernah dikibulin sama jenti. Tapi kalo jenti udah ngomong saat rapat omongan dia bakal didengar karena ada benarnya (kadang sih)..selain suka makan tahu dia juga suka ngemil es coret, soalnya es coret itu habisnya lama hahaha..

  1. Lia setia futri ( codet )

Ini salah satu personil ‘mudik’ yang udah aku kenal dari sebelum Kukerta, karena sama-sama mahasiswi kimia. Setelah memiliki tanda indah dipipinya yang lebar seperti bakpau itu teman-teman posko mulai memanggilnya codet. Cewek yang paling kuat dan tegar menghadapi badai dan terjangan kehidupan ini paling suka membereskan kaber charger yang berserakan diposko, walaupun kabel-kabel akan bertahan rapi hanya sekitar 10 menit… codet termasuk cewek yang murah hati dan tidak sombong, dibuktikannya melalui sebuah gambar tempo doeloe saat kita belum mengenal syahrini, fotonya yang membahana itu membuat anggota posko dapat tertawa lepas walaupun fotonya diperlihatkan beberapa kali (ngakak)

  1. Muhayatun ( moha’ )

Gadis polos yang memiliki suara seperti anak kecil ini adalah parnert piketku yang sabar, dan baik. Saking halusnya saat bicara dia seperti mau nangis padahal ekspresinya biasa aja kok. Setiap kali piket moha’ adalah juru bumbu-bumbuan, tapi yang mengherankan dibalik semua sifatnya yang penuh budi pekerti itu moha’ tak segan-segan bergabung bersama para lelaki diposko untuk nonton naruto, sampe-sampe moha’ jadi sering mengatakan yihaaa atau hihaaa (seperti itulah kira-kira)..sejujurnya yang paling aku ingat dari moha’ itu adalah kisah saat kami tidur bersebelahan, alarmnya yang mengguncang gendang telingaku terus bernyanyi ‘hey ladiesss’ tapi moha’ cuek aja sama alarmnya yang cetar itu..huuffttt..hohh yaa, moha’ adalah cewek yang suka pura-pura gak tahu akan perasaan seorang lelaki jawa diposko 10..hahaha

  1. Puji Lestari ( ooeeyyiikkk)

Sekretaris poskoini sangat aku hargai perjuangan dan kerja kerasnya karena sudah sangat berusaha agar bisa menjadi wanita antagonis yang memiliki pandangan tajam. Tapi, apadaya kemampuan pujik hanya ada didepan laptop dan papan tulis posko. Tapi walaupun dia gagal memerankan tokoh antagonis ternyata pujik mendapatkan hal yang lebih daripada itu, pujik dapat melelehkan hati seorang anggota posko seperti lelehan es krim yang menjadi saksi bisu didalam posko,hahahaa….pujik gadis jawa yang manis dan seperti anak kecil, setiap mengatakan sesuatu atau memanggil orang tak lupa pujik menambahkan kata oiyy dibelakangnya,misalnyaaa : pujik abis cuci piring oiiyyyy, hohoho pujik yang menggemaskannn

  1. Rizki kurniawan (ok fine)

Sikapnya yang tenang dan bersahaja membuat teman-teman seposko berani meminta rizki untuk menginstall laptop mereka tanpa harus takut membayar. Rizki adalah cowok yang paling jarang ngomong, apa yang kita tanyakan itu yang akan dijawab ( malah kadang gak dijawab :/ )..tapi suatu hari ntah kenapa seorang rizki akhirnya mengeluarkan 2 kata yang dianggap wouww jika diucapkan, yaitu : ok fine.. tapi hanya sebatas itu tidak lebih.. cowok tersabar diposko ini sudah berapa kali dikirain orang-orang masi  anak sekolahan, tapi respon rizki  tetap biasa aja nanggapin omongan orang..salutt deh buat rizki

  1.  Royan kartika sari (oyan)

Royan juga termasuk dalam personil piketku (rabu&sabtu) wanita yang paling rajin masak nasi ini tidak pernah banyak omong (rizki versi cewek) jarang protes,dan menerima semua hal dengan baik. Pemilik selimut terlembut diposko ini sering tidur lebih dulu mungkin juga karena kenyamanan dibalik selimutnya yang hangat. Salutnya walaupun royan cukup ringkih dan jaho seperti aku, dia berani kesumur sendirian bermodal hape atau senter padahal udah malam. Berbeda dengan cewek-cewek yang lain kalo mau kesumur berbondong-bondong, mungkin royan ini sangat menghargai waktu jadi dia tidak mau ikut antri untuk kesumur bersama cewek-cewek penakut.

  1.  Saely Natalia sinaga (ayam guring, regina)

Penyanyi kelas ayam guring 1 ini sangat moody, jangan bikin dia kesal kalo gak mau liat bibirnya manyun. Tapi kalo moodnya lagi bagus dia bisa nyanyi seharian, sampe terdengar jauh padahal waktu itu aku lagi nongkrong dirumah pak su (ngapain hayoo) ..gak pernah suka dipanggil saely padahal namanya saely, jadi kami harus manggil dia sely atau ayam guring baru dia noleh. Sely juga rekan piketku yang rajin,kalo cuci piring kadang-kadang maunya sendirian,kata teman-teman sih karena dia mau nyanyi disumur sendirian. sely memiliki sifat yang lembut sehingga aku suka nonton larva sampe balu sama dia (Lohh nyambung kemanaa-mana).. sely juga punya rambut yang bagus waktu kami foto bersama didepan posko, biasanya rambut dia gak gitu kok,wkakakaa

  1. Slamet winarko (mas win)

Cowok yang medhoknya gak bisa ilang ini adalah cowok lucu yang sering tertawa, bawaannya selalu senang walaupun sempat diserang penyakit demam yang lumayan lama saat diposko. Banyak kata-kata lucu yang sering dikelurkannya disaat yang tak terduga..misalnya : rusaakkk, masukk, jangkrik,eehhhh ehhhhh… mahasiswa porkes satu ini  menjadi instruktur kami saat senam pagi diposko, dengan gerakan-gerakan senam yang seharusnya bagus, entah mengapa ada beberapa gerakan yang kadang menjadi lucu dan aku merasa jadi badut. Slamet pintar masak, walaupun mungkin cuma bisa masak mie tapi  mie buatannya muantaappp tenannn masss 😀 hal ini yang mungkin membuat slamet menjadi calon menantu idaman bagi mak-mak sekitar posko…Masukkkk masss 😀

  1. Titik rohayatin ( cocom)

Gadis jawa yang manis ini membuat aku tak habis pikir, cocom bersikeras mengatakan kalau bentuk gigitan giginya sepertinya bunga mawar padahal itu cuma bentuk amburadul dari beberapa buah giginya yang lucu. Beralih dari giginya, menuju mata yang hilang saat tertawa, jadi jika kita ingin melihat giginya berarti kita harus kehilangan matanya, huwaaa hidup yang berat com.. Keturunan jawa yang suka cabe rawit ini kadang-kadang mirip mbak jamu, manis menggoda,wkakaka…dengan mendapatkan julukan cocom sejak diposko tidak menjadi penghalang untuk cocom, dia tetap semangat mencuci baju teman laki-laki yang kadang suka nitip karena yang suka nitip itu satu nenek moyang sama cocom,jawakinisasi.

  1. Vera vebrianti (suhang, big baby,ayuk)

Ini dia miss ring-ring kita, ngobrol dengan ayuk yang satu ini gak bakal ada habisnya. Karena itu aku suka dengan ayuk yang kadang-kadang bisa membuat anggota posko tenggelam dalam lautan banjir bandang,hahaa.. apapun yang terjadi  dia bakal ketawa-ketiwi seperti anak kecil, riang gembira, dimanapun berada..sampe-sampe pernah dilarang cekikikan pas mandi disumur..ayuk yang jarang bisa ngelepasin hape dari genggamannya ini kalo mandi lamaaaa sekali, mungkin karena mandinya sambil telponan :p.. asal usul panggilan suhang melekat di ayuk ini disaat malam mencekam,hujan lebat dan disponsori oleh ancaman-ancaman halus dari makhluk luar angkasa….tapi kejadian itu tetap tak membuat ayuk kami ini berkecil hati, karena sejatinya dia tidak kecil…hihihiii

  1. Widya lestari (anggun, moore,mama)

Salah satu personil jawakinisasi ini jago urusan dapur, sampe-sampe sering raib dari posko karena pergi masak-masak sama mak yang lagi cari calon menantu. Rambutnya yang halus membuat panggilan anggun melekat dijidatnya #ehh..mbak satu ini kalo bicara bahasanya sangat tinggi, sering menggunakan perandai-andaian sehingga membuat anggota posko harus menyimak dengan teliti supaya paham akan maksudnya. Selain memiliki emosi yang labil layaknya anak SMP mbak wid suka nyinden dan membuat bulu kudukku merinding disko. Satu kesamaan aku dan mbak wid adalah bangunnya lama, mungkin karena efek tidur sebelahan jadinya aku ketularan dia..hahahaa

  1. Zunarta yahya (tatak,kiboo)

Berbicara tentang lelaki satu ini langsung terbayang wajah buk sekretaris (kenapa yaa,ehmmm).. konco kental rizki ini memiliki rambut spiral yang lucu, karena itu sering dipanggil kibo. Bunyi yang dikeluarkan oleh handphone tatak ini sering menuai protes karena bunyinya yang aneh dan bikin kesal,contohnya :  suara robot yang bikin gigi ngilu atau celotehan anak bayi yang keselek karet.. Tapi dibalik itu semua tatak memiliki hati yang baik, menerima keadaan, dan sabar. Mungkin karena itu allah membalas kebaikan tatak dengan menitipkan hati seorang wanita muslimah dengan perantara semangkok eskrim..wkakaaa, kami doakan lancar dan langgeng ya tataak kibooo.

Itulah karakter-karakter dari 16 tokoh di cerita kukertaku, walaupun kami memiliki sifat yang berbeda-beda dan malah ada yang bertolak belakang, tapi kami bisa menjaga kekompakan didalam posko 10. Aku bangga dengan kalian teman-teman J.

Akhirnya detik-detik menjelang perpisahan pun mulai terasa, 2 bulan yang kami jalani seperti waktu yang amat singkat. Kegiatan-kegiatan yang sering kami lakukan bersama diposko akan segera berakhir, bukan hanya dengan anggota posko tetapi juga bersama warga dusun baru. Perhatian, kebaikan hati, pelajaran, pengalaman, dan kebahagiaan yang diberikan warga akan sangat kami rindukan, dan kami ingat. Pak Rahman dan mak Sau yang berbaik hati meminjamkankan rumah untuk kami tinggali, nduk sadin yang membimbing dan membantu kami, mak munah, mak ma cong, pak suhai, mak isah, mak manap, mak bro, dan warga yang lain. Mereka semua adalah pengganti orang tua kami saat kami menjalani kukerta.

Sabtu,13 april 2013..pagi yang cerah itu diselimuti derai air mata dan keharuan dari anggota posko dan warga dusun baru. Banyak orang yang membenci perpisahan, tapi mau tak mau tetap harus dilalui. Warga berkumpul didalam dan diluar posko kami, ucapan perpisahan,pesan dari mak-mak,tangisan dari adik-adik tercinta mengantarkan kami hingga ke mobil. Sepanjang perjalanan kami membaca surat yang ditulis dari adik-adik sekitar posko, kalimat dan pantun-pantun yang lucu sedikit mengobati kesedihan kami, terima kasih adik-adikku J.

Mungkin didalam tulisan ini banyak kata-kata konyol dan ejekan tentang teman-teman, karena aku berharap saat membaca tulisan ini lagi dikemudian hari mungkin saat itu kita sudah menua (hahaa) aku bisa langsung mengingat teman-teman dan semua kejadian yang telah kita alami selama 2 bulan yang indah. Teman-teman telah menjadi bagian dalam hidupku. Banyak pengalaman dan pelajaran yang telah aku dapatkan sepanjang kebersamaan kita, hidup apa adanya, belajar mengerti satu sama lain, ketulusan, kejujuran, kekompakan, dan kesabaran.

Di Dusun Baru…di Posko 10…salah satu kenangan terindah yang pernah ku miliki J

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s