SAHABAT

patahtumbuh

oleh Ali Radja Arif

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan “sahabat” sebagai kawan, teman; dan sahabat karib sebagai sahabat yang sangat erat. Agama sendiri mengajarkan bahwa bersahabat merupakan salah satu nikmat yang diberikan Tuhan pada manusia. Orang Perancis bisa jadi menerjemahkannya dengan kata-kata ”persahabatan itu seperti anggur, semakin lama semakin nikmat.”

Persahabatan pada hakikatnya adalah cara Tuhan untuk mengurus kita. Ia bersifat manusiawi, sehingga bila orang lain melihat ada dua orang yang bersahabat, hendaknya tidak segera mencapnya sebagai wujud keekslusifan mereka. Malah seharusnya kita belajar dari mereka: ”kalau orang lain bisa sehati, mengapa saya tidak?” Sebaliknya, ini juga mengingatkan pada dua orang yang bersahabat agar tidak eksklusif (tertutup).

Persahabatan yang baik dari dua orang adalah bilamana mereka menunjukkan keinklusifan (terbuka) sehingga hakikat persahabatan itu akan menebar ke mana-mana. Maka akan muncul sahabat-sahabat lain.

Sahabat juga menentukan corak hidup seseorang. Jika salah memilih sahabat, maka berpotensi jelek pulalah orang itu. Seperti yang…

Lihat pos aslinya 699 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s